Keragaman

[Keragaman][bleft]

Sain dan Teknologi

[Sains & Teknologi][bsummary]

Ekologi

[Ekologi][twocolumns]

Silsilah Keturunan Andi Mappanyukki Sang Pahlawan Nasional

Makam MangkauE Pone, We Tenriawaru Besse Kajuara Foto : Andi Fachrie Lantera
 #WeTenriawaruPancaitanaBesseKajuara #Bone, #Suppa

We Tenriawaru Besse Kajuara adalah Arung Pone selama 3 tahun (1857-1860). Dari pernikahannya dengan Arung Pone sebelumnya La Parenrengi (1845 - 1857) Paduka Sri Sultan Ahmad Saleh Muhi ud-din [MatinroE-ri Aja-benteng], Arumpone of Bone. Melahirkan 4 orang anak yakni :
1. Pamadang Rukka Petta Ponggawae
2. I Kati Arung Ugi
2. I Madellung Datu Suppa
3. We Cella (Petta Yalitta)

We Cella ini lah yang menikah dengan Raja Gowa bernama 1895 - 1906 H.H. I-Makkulau Daeng Serang Karaeng Lembangparang Paduka Sri Sultan Husain ibnu Sultan Muhammad Idris [Tumenanga-ri Bunduna], Sultan of Gowa. Dari pernikahan ini maka lahirlah Andi Mappanyukki. Yang merupakan pahlawan Nasional berdasarkan SK Presiden RI nomor 089/TK/2004 dan La Panguriseng Arung Alitta.

We Cella ini menikah dengan ponakannya, karena Sultan Husain I Makkulau ini adalah anak dari sepupu 1x beliau. Ibunda dari Sultan Husain I Makkulau adalah sepupu 1x We Cella. Ibunda Sultan Husain bernama We Tenri Pada Sitti Aisyah Karaeng Bainea Matinroe ri Gowa (Arung Barru XXII periode 1836-1875). We Tenri Pada Sitti Aisyah ini adalah saudara dari La Singkerurukka Arung Palakka Sultan Ahmad Idris Matinroe ri Topaccing (Petta Mangkaue ri Bone XXIX periode 31 Januari 1860-1871) Mangkau Bone XXIX Arung Palakka, MatinroE ri Topaccing.

Makam MangkauE Pone, We Tenriawaru Besse Kajuara
Foto : Andi Fachrie Lantera
Sultan Husain adalah sepupu 1x dengan La Pawawoi Karaeng Segeri Petta Mangkau Jokkae Bandong (Petta Mangkaue ri Bone XXXI periode 1895-1905). La Pawowoi adalah putra dari La Singkerurukka Arung Palakka Sultan Ahmad Idris Matinroe ri Topaccing (Petta Mangkaue ri Bone XXIX periode 31 Januari 1860-1871) Mangkau Bone XXIX Arung Palakka, MatinroE ri Topaccing. Karena La Singkeru Rukka adalah saudara seayah seibu dengan We Tenri Pada Sitti Aisyah yakni ibunda dari Sultan Husain.

Dengan kata lain Raja Gowa sepupu 1x dengan Raja Bone di zaman itu. ( I Makkulau Kr. Lembang Parang Somba Gowa & La Pawowoi Kr. Segeri Mangkau Bone)

Oleh : Andi Fachrie Lantera

Tidak ada komentar:

Sejarah

[Sejarah][bsummary]

Makanan dan Pertanian

[Ekologi][twocolumns]