Keragaman

[Keragaman][bleft]

Sain dan Teknologi

[Sains & Teknologi][bsummary]

Ekologi

[Ekologi][twocolumns]

Teratai (Nymphaea alba) Indahmu di Danau Mawan, Gowa

Teratai dalam bahasa inggrisnya "waterlily" (Nymphaea alba) memiliki bunga yang sangat indah dan memiliki sekitar 50 spesies. Tanaman teratai saat berbunga sangat indah, namun pada saat bunganya gugur maka hanya menyisakan batang yang mirip keladi, sehingga orang tidak mengetahuinya.

Tanaman teratai yang ada di danau Mawang, Samata kabupaten Gowa ini masih liar dan kebanyakan yang tumbuh pada ladang sawah masyarakat dimusnahkan karena di anggap sebagai gulma. Keberadaanya sangat memprihatinkan apalagi di ketika diketahui masyarakat setempat kalau tanaman ini bernilai ekonomi, maka dengan sekejap tanaman teratai ini akan punah. 

Teratai yang tumbuh di danau Mawang memiliki sedikitnya dua jenis. Jenis 1 memiliki struktur yang kecil dengan kelopak bunga yang banyak dan mirip dengan bunga matahari, jenis yang kedua struktur tanamannya besar dengan daun yang sangat lebar mirip dengan daun keladi, teratai yang ke 2 ini memiliki dua jenis warna yang berbeda, yaitu ungu dan putih dengan kelopak yang besar dengan jumlah 11 helai dalam 1 tangkai bunga yang mirip dengan bunga mawar.

Berikut adalah contoh gambar tang sempat diabadikan. 

 Gambar 1. teratai dengan bunga mirip bunga matahari. foto::fadil

 Gambar 2. teratai dengan bunga mirip mawar dan berwarna ungu. foto::fadil

 Gambar 3. teratai dengan bunga mirip mawar dan berwarna putih. foto::fadil

Tidak ada komentar:

Sejarah

[Sejarah][bsummary]

Makanan dan Pertanian

[Ekologi][twocolumns]