Keragaman

[Keragaman][bleft]

Sain dan Teknologi

[Sains & Teknologi][bsummary]

Ekologi

[Ekologi][twocolumns]

Tumbuhan unik (Kahuasa)

Bentuk daun Kahuasa Foto : Fadil
Kompat - Online, Tanaman yang ditemukan di dalam hutan ini membuat perhatian kita tertuju kepadanya. Walaupun tanaman ini sangat berbahaya, bukan karena beracun atau memeiliki kandungan racun, tetapi lebih pada tanaman ini dapat mengakibatkan gatal yang begitu parah ketika terkena kulit. Baik keadaan kering maupun dalam keadaan basah. 

Pada jaman dahulu kala tanaman ini digunakan untuk membuat gatal orang-orang yang mandi di sungai atau sumur, sehingga di anggap keramat oleh masyarakat sekitar. Tanaman ini juga sering digunakan pada tanaman yang berbuah untuk mengelabui para pencuri buah.

Tumbuhan ini termasuk unik karena corak yang dimiliki pada buah tersebut. Bulu pada kulit buah seperti kulit binatang, campuran antara warna coklat muda dan coklat tua.

Kami mencoba mendeskripsika tanaman ini berdasarkan informasi yang kami temukan di berbagai media seperti buku Morfologi Tumbuhan, Botani Tanaman dan Wikipedia.
Deskripsinya seperti berikut :
Tumbuhan ini tumbuh dalam hutan, Daun berbentuk perisai, terdapat 3 helai daun dalam satu tangkai dengan ukuran .. (belum teridentifikasi). Batang menjalar dan merambat dan bisa mencapai 10 meter (terindetifikasi). Bunga berwarna ungu keputihan berbentuk kelopak, dalam satu tangkai terdapat 5-10 bunga (teridentifikasi) Buah berbentuk pedang berwarna coklat mudah bergaris coklat tua (loreng) dengan ukuran panjang 3-5 cm, dalam 1 buah terdapat 2-5 biji, buah berbulu halus dan gatal ketika terkena kulit.

Tumbuhan ini ditemukan di Slawesi dan Lampung dengan nama KAHUASA (Sulawesi), KHENGAS WAIT (Lampung). Manfaat tumbuhan belum diketahui dan belum ditemukan klasifikasi lengkapnya.

Buah Kahuasa Foto : Fadil


3 komentar:

roni mengatakan...

Kalau di jawa itu namanya rawe

roni mengatakan...

Kalau di jawa itu namanya rawe

jamariarisaputri mengatakan...

kalo rawe" rantas, malang" putung. betul

Sejarah

[Sejarah][bsummary]

Makanan dan Pertanian

[Ekologi][twocolumns]