Keragaman

[Keragaman][bleft]

Sain dan Teknologi

[Sains & Teknologi][bsummary]

Ekologi

[Ekologi][twocolumns]

Masyarakat Lindungi Anoa (Bubalus Quarlesi) yang Titangkap.

Anoa (Bubalus Quarlesi) yang ditangkap warga dari bukit Bastem. Foto: Indarto/KOMPAT

Sebuah informasi datang dari sahabat Kompat, dia menyampaikan keberadaan anoa (Bubalus Quarlesi) sepasang (jantang dan betina) yang kini dipelihara oleh salah seorang warga yang tidak ingin disebutkan namanya dan tempat lokasi anoa dipelihara. Sesuai dengan perjanjian sebelum bertemu lansung dengan anoa tersebut.
“Anoa yang di tangkap oleh warga berasal dari bukit Bastem. Setelah di tangkap anoa diserahkan ke pemuka masyarakat yang tidak ingin disebutkan namanya, demi keamannya karena niat mereka bukan untuk ekploitasi binatang yang dilindungi tersebut. Jumlah anoa ada dua ekor terdiri dari jantang dan betina. Untuk lokasinya tidak bisa disebutkan secara detail berhubung adanya kesepakatan sebelumnya”. Kata Indarto di grup BBM, Rabu (11/12/13) Kemarin.
Satu hal yang membuat anoa ini aman dari eksploitasi, karena masyarakat setempat mengerti dan faham akan keberadaan anoa tersebut merupakan binatang yang terancam punah dan dilindungi. Sesuai dengan undang-undang RI No. 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistemnya. Di dalam UU disebutkan, apabila melanggal dapat dipidanakan paling lama penjara 5 tahun dam denda paling banyak Rp. 100.000.000,00 (seratus juta rupiah).

“semoga binatang ini dapat terjaga kelesatariannya di alam liar dan tidak sampai punah”. Kata Indarto mengakhiri percakapan di Grup BBM.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

thanks ya infonya !!!

www.bisnistiket.co.id

Sejarah

[Sejarah][bsummary]

Makanan dan Pertanian

[Ekologi][twocolumns]