Keragaman

[Keragaman][bleft]

Sain dan Teknologi

[Sains & Teknologi][bsummary]

Ekologi

[Ekologi][twocolumns]

Ancaman Kepunahan Lebah Akibat Penggunaan Bahan Kimia dan Pestisida


Kompat Online - Beberapa tahun terakhir lebah hutan mulai berkurang dan hampir tidak ditemukan berproduksi banyak dia alam liar. habitat utama ada dalam hutan bebatuan untuk bersarang dan berkembang biak. perubahan lingkungan dengan banyaknya konversi lahan dari kawasan hutan ke kawasan pertanian dan perkebunan mengakibatkan berkurangnya habitat mereka di alam liar.
 
Lebah Inggris Sumber : Theecologist.org
Geraka budidya lebah marak dilakukan oleh masyarakat dan pemerintah guna menghasilakan madu dengan mudah patiut di apresiasi. akan tetapi perubahan lingkungan sangat mempengaruhi produksi madu lebah. Indonesia Sejak jaman orde Baru dipaksa untuk menggunakan pestisida dan bahan kimia untuk meningkatkan produksi hingga mencapai dipersifikasi pangan.

Dampak buruk yang ditimbilkan adalah kurngnya bahan makanan untuk lebah dan banyaknya kematian pada lebah pekerja. sehingga populasi mereka semakin berkurang dan hampir punah. walupun telah dilakukan pembudidayaan akan tetapi belum merubah pola penggunaan bahan kimia dan pestisida pada kebun akan mengakibatkan dampakbruk pada kehidupan ekologi lebah.

Pestisida merupakan ancaman signifikan terhadap lebah. Selama ini Hanya Uni Eropa yang gencar untuk melakukan perlindungan Terhadap spesies yang terancam punah.

Salah satu jalan untuk melakukan perlindungan selain kekuatan peraturan UU adalah kembali ke pertanian organik ramah lingkungan. alasannya sederhana, bersama dengan serangga lainnya mereka membantu penyerbukan 75% dari tanaman utama dunia.

Tidak ada komentar:

Sejarah

[Sejarah][bsummary]

Makanan dan Pertanian

[Ekologi][twocolumns]