Keragaman

[Keragaman][bleft]

Sain dan Teknologi

[Sains & Teknologi][bsummary]

Ekologi

[Ekologi][twocolumns]

Mengintip 5 Binatang yang sudah Punah

Kompat Online - Adanya banyak faktor yang menyebabkan punahnya flora dan fauna di muka bumi ini. Aktifitas manusia yang menyebabkan Hilangnya habitat dan perburuan yang berlebihan menyebabkan peran besar dalam percepatan kepunahan. Mengutip situs The Asian Parent, perluasan lahan pertanian dan penebangan hutan ialah aktivitas utama yang membuat hewan punah.


Salah satu akibab yang ditimbulkan oleh punahnya populasi adalah hilannya salah satu rantai makan yang menyebabkan hilangnya keseimbangan alam. Hingga berakhir dengan konflik antara hewan dengan hewan dalam perebutan kawan dan konflik antara manusai dan hewan.


Tidak hanya itu, beberapa faktor seperti masuknya spesies asing, kekurangan makanan, serangan asteroid, hingga perburuan hewan yang berlebihan dapat menyebabkan punahnya fauna di dunia.


Mengutip beberapa sumber, berikut 5 daftar hewan yang sudah punah:


1. Badak Hitam Barat Daya

Foto Badak bercula  Sumber : Foto: Pexel


Badak Hitam Barat Daya atau Badak Berbibir Kait telah dinyatakan punah pada 2011. Sebelumnya, pada 2008 hewan ini sudah termasuk dalam daftar hewan yang terancam punah. Perburuan secara berlebihan yang dilakukan pada abad ke-19 dan ke-20 membuat penurunan spesies ini menjadi sangat cepat. 


2. Harimau Jawa


Foto Harimau jawa  Sumbrt : Foto: freepik.com


Harimau Jawa merupakan spesies karnivora terbesar yang pernah hidup di Pulau Jawa. Keberadaan spesies ini terakhir terlihat pada 1976 di Taman Nasional Meru Betiri. 


3. Kura-kura Raksasa Pinta



Foto Kurakura Sumber : Foto: gettyimages.com


Kepunahan kura-kura jenis ini dikarenakan  pemburu paus dan kapal dagang di abad ke-19 yang memanfaatkan hewan ini sebagai makanan. Tidak hanya itu, deforestisasi hutan merupakan salah satu penyebab kepunahannya spesies ini. 


Kura-kura ini telah dinyatakan punah pada 2012 dengan matinya Kura-Kura Raksasa Pinta terakhir yang bernama George.


4. Burung Macaw Spix



Foto Burung Macaw Spix Sumber : Foto: gettyimages.com



Burung Macaw Spix tenar pada tahun 2011 ketika ditampilkan dalam film animasi Rio. Macaw Spix terakhir di alam liar terlihat di Brasil pada 2016 dan dinyatakan punah di alam liar pada 2019. Hewan ini juga diburu untuk perdagangan satwa. 


5. Katak Arus Gunung Glorious


Katak Arus Sumber : Foto: wikivisually.com


Spesies katak bernama Latin Taudactylus diurnus ini adalah adalah spesies katak kecil diurnal yang hidup hanya di tiga pegunungan di pantai timur Australia. 


Katak ini telah dinyatakan punah pada 2004. Namun, penyebab kepunahannya belum diketahui. Pembalakan liar di area hulu dan daerah aliran sungai dicurigai sebagai peran punahnya spesies katak ini. 

Terbit di  : medcom.id/ 5 Hewan yang Sudah Punah, Ada yang Dari Indonesia



Tidak ada komentar:

Sejarah

[Sejarah][bsummary]

Makanan dan Pertanian

[Ekologi][twocolumns]