Keragaman

[Keragaman][bleft]

Sain dan Teknologi

[Sains & Teknologi][bsummary]

Ekologi

[Ekologi][twocolumns]

Kerusakan hutan KAHAYYA Kec. Kindang Kab. Bulukumba

Pada hari Rabu tanggal 16 oktober 2013 sasaran jalan-jalan adalah kampung Kahayya yang menurut orang-orang meruapakan hutan alam aset kabupaten bulukumba yang merupakan perbatasan antara kabupaten Sinjai dan kabupaten Bulukumba.

Beberapa spesies flora dan fauna hidup di sana hingga kini. tapi kondisinya sangat memprihatinkan, sebab 85% bukit dan gunung telah gundul tanpa pepepohonan. Ancaman kepunahan akan semakin menggerogoti mereka sebab proses pelestariannya yang sangat minim.

Aturan pemerintah tentang Kehutanan tidak memiliki taji untuk mencegah pengrusakan terhadap hutan Kahayya. Kawasan Hutan yang ada di Kayya merupakan penopang kehidupan masyarakat yang yang ada di luar kawan hutan, ketika hutan sudah hancur maka pasokan air pun akan berkurang dan menyusut.

Banyak hal yang menarik perhatian ketika kita ada di kampung Kahayya diantaranya kita dapat menemukan anggrek tanah sepanjang jalan menuju Kahayya sampai kampung Kahayya, Edelwais juga menghiasi gunung Kahayya. Sungguh indah sepanjang mata memandang yang di hiasi dengan bunga-bunga anggrek tanah dan edelwais.

Sayang semua keindahannya akan punah beberapa tahun kedepan seiring dengan meningkatnya suhu panas dan gradasi hutan yang mengakibatkan bencana alam berupa banjir dan tanah longsor.

Sahabat KOMPAT. kenyataan ini sangat memilukan hati yang membuat tangisan sepanjang masa, apa lagi tidak bisa berbuat apa-apa dengan kondisi alam yang sudah bertelanjang bulat. Sahabat kami menyerukan untuk menjahitkan baju untuknya.

Tidak ada komentar:

Sejarah

[Sejarah][bsummary]

Makanan dan Pertanian

[Ekologi][twocolumns]