Keragaman

[Keragaman][bleft]

Sain dan Teknologi

[Sains & Teknologi][bsummary]

Ekologi

[Ekologi][twocolumns]

Anoa (Bubalus Querlesi)


Bukti keberadaan Anoa (Bubalus Querlesi), binatang endemik Sulawesi yang di lindungi dan terus menjadi buruang masyarakat yang ada di Kahayya Kab. Bulukumba. Menurut keterangan dari warga setempat, "binatang ini di tangkap setahun yang lalu dan menurut mereka sempat membawa pulang anak Anoa dalam keadaan hidup dan di pelihara beberapa sampai akhirnya di sembelih karena kondisinya yang mulai menurun" kata rabasia, saksi yang ada saat itu.

"Setelah kami berbincang dengan mereka terkait dengan perburuan yang sering mereka lakukan akhirnya kami dari tim Kompat dan masyarakat setempat sepakat, nantinya ketika mereka melakukan perburuan dan menemukan anoa dalam keadaan hidupa dan menangkap hidup-hidup agar kiranya segera menghubungi kami.

"Masyarakat melakukan perbuaruan pada musim kemarau agar binatang ini cepat leleh dan mudah untuk ditangkap" Kata Daeng Ra'ali.

Identifikasi para peneliti yang tergabung dalam Wallacea menemukan komunitas anoa pegunungan beberapa tahun terakhir sangat teracam karena penurunan populasi akibat perburuan dan kehilangan habitat aslinya. Dari hasil identifikasi ini belum ada data pasti jumlah dan kondisi sesungguhnya anoa saat ini.

Tugas berat menanti dahabat Kompat untuk berjuang menyelamatkan hutan dan spesies yang ada di dalamnya. Keragaman spesies suatu kawasan merupakan bukti keseimbangan dan kelestarian lingkungan.  

Tidak ada komentar:

Sejarah

[Sejarah][bsummary]

Makanan dan Pertanian

[Ekologi][twocolumns]