Keragaman

[Keragaman][bleft]

Sain dan Teknologi

[Sains & Teknologi][bsummary]

Ekologi

[Ekologi][twocolumns]

The Legend of Daeng Ra'ali

.foto: Fadil. Sesi Wawancara Dengan Daeng Ra'ali
Kompat-Online, Banyak yang belum terungkap terkait cerita orang-orang jaman dulu yang generasinya mulai menghilang namun tidak ada dalam sejarah perjalanan kehidupan bangsa ini. Mati termakan jaman dengan segelumit sejarah yang membuat beban hidup selama puluhan tahun. mereka tahu akan kehilangan cerita masa lalu, mereka hanya berkisah apa adanya kepada anak cucu mereka, tapi cerita itu hanya dilewatkan tanpa secarik kertas dan goresan pena yang mengiringi.

Bapak sejarawan (bukan paten) Dg. Ra'ali merupakan sosok manusia sang pengikut Kahar Muzakkar dan masuk dalam jaringan Gerilliawan pada masa penjajahan belanda, bisa dipastiakan ke ikut sertaanya dalam memperjuangkan   Negri ini. Dg Ra'ali banyak bercerita sejarah dan memberikan informasi beberapa situs yang telah ditinggalkan selama bertahun-tahun dan belum terungkap fakta sesungguhnya. Dengan nada terbata-bata dan mencoba mengingat kembali kejadian masa lalu sambil mengisap rokoknya dalam-dalam.

Kami dari tim ekspedisi KOMPAT mencoba menggali dan menanyakan beberapa hal yang kami ketahui dan hasilnya cukup memuaskan, karena kami dapat mendapatkan informasi lansung dari pelaku sejarah yang bermukim di lereng gunung LOMPOBATTANG (Butta Lompoa) jauh dari keramainnya yang hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki.

Senggan merupakan kampung yang hanya memiliki 9 kepala keluarga, sehingga keakraban antar mereka sangat terlihat, keramahan dan cara mereka bercengkrama menunjukkan kampung yang asri dan jauh dari hiruk pikuk permaslahan dunia.

Tujuan awal kami melakukan ekspedisi merupakan "inventarisasi keragaman hayati" kawasan hutan lindung Bulukumba yang terletak di Kec, Kindang. Apa yang kami temui cukup mengejutkan. Luas kawasan hutan yang mencapai 3 hektar lebih tidak menunjukkan keragaman hayati sebagai kawasan Wallacea. Anoa, monyet sulawesi, bebagai jenis burung dll yang diperkirakan dan menurut cerita banyak orang, dapat ditemukan dengan mudah dikawasan ini ternaya berbanding terbalik. Jenis anggrek pun cukup langka dan spesiesnya sangat minim, dalam perjalanan kami hanya menemukan 3 jenis anggrek.

Air terjun dalam hutan Foto : Fadil
Kawasan hutan Senggan sangat memprihatikan, sebagian besar merupakan bekas ladang yang telah ditinggalkan masyrakat. Sehingga tampak seperti kawasan tandus dengan padang ilalang. Longsor dan tumpahan air sungai tidak asin lagi bagi masyarakat sekitar. Upaya penyelamtan sudah dilakukan oleh masyrakat setempat, akan tetapi masih jauh dari kata berhasil, karena mereka menanam pohon yang tidak cocok untuk konservasi contohnya Mahoni, bayam jawa, dll. Semua pohon yang di tanaman merupakan tanaman industri bukan tanaman konservasi (salah Kaprah).

Kawasan hutan Bulukumba memiliki banyak sejarah, mulai dari AWALLI, SAWERIGADING, LAKUMPE, KAHAR MUZAKKAR, KR. KINDANG sampai anak cucu mereka DG. RA'ALI. masih banyak generasi lagi. Semua butuh pelestarian dan itulah yang kami rencanakan dari tim KOMUNITAS PETA BUTA (KOMPAT).*fadil.

1 komentar:

pak sudaryono mengatakan...

Assalamualaikum senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman-teman disini, Awal mula saya ikut pesugihan, Karena usaha saya bangkrut dan saya di lilit hutang hingga 900jt membuat saya nekat melakukan pesugihan, hingga suatu waktu saya diberitahukan teman saya yang pernah mengikuti penarikan uang ghaib dengan AKI SOLEHJAFFAR menceritakan sosok
AKI SOLEHJAFFAR, saya sudah mantap hati karena kesaksian teman saya, singkat cerita saya mengikuti saran dari pak.aki saya harus memilih penarikan dana ghaib 1 hari cair dengan tumbal hewan dan alhamdulillah keesokan harinya saya di telepon oleh pak aki bahwa ritualnya berhasil dana yang saya minta 3Milyar benar-benar masuk di rekening saya, sampai saat ini saya masih mimpi uang sebanyak itu bukan hanya melunaskan hutang ratusan juta bahkan mampu membangun ekonomi saya yang sebelumnya bangkrut, kini saya mempunyai usaha di jakarta dan surabaya yang lumayan besar, saya sangat bersykur kepada allah dan berterimakasih kepada pak.AKI SOLEHJAFFAR berkat beliau kini saya bangkit lagi dari keterpurukan. Jika ada teman-teman yang sedang mengalami kesulitan masalah ekonomi saya sarankan untuk menghubungi ki sholeh jaffardi 085377783331 agar di berikan arahan Atau  KLIK DISINI

























Sejarah

[Sejarah][bsummary]

Makanan dan Pertanian

[Ekologi][twocolumns]