Keragaman

[Keragaman][bleft]

Sain dan Teknologi

[Sains & Teknologi][bsummary]

Ekologi

[Ekologi][twocolumns]

Pergelaran Festival Tertua di Ternate

Festival Legu Gam, Ternate (Foto: Indonesia.Travel)
PADA April ini, Indonesia banyak menggelar festival-festival tradisional. Salah satunya adalah Festival Legu Gam di Ternate, Maluku Utara.

Festival Legu Gam atau lebih lengkapnya Festival Legu Gam Moloku Kieraha adalah festival tertua di Maluku. Festival ini diadakan oleh keluarga Kesultanan Ternate yang bermukim di Pulau Ternate, Maluku Utara.

Legu Gam adalah festival sekaligus pesta masyarakat di Maluku Utara. Acara ini untuk merayakan ulang tahun Sultan Ternate di mana masyarakat dari seluruh pulau akan berkumpul di Kedaton atau Istana Sultan Ternate. Pelaksanaan Festival Legu Gam tahun ini akan difokuskan dalam upaya melestarikan kebudayaan maupun adat istiadat di Maluku Utara.

Festival Legu Gam dimeriahkan dengan beragam kegiatan berupa karnaval budaya, pameran, dan seminar nasional. Akan ada juga expo untuk mempromosikan potensi pariwisata dan investasi daerah. Festival ini dapat mengenalkan kepada investor tentang potensi perikanan, industri pengolahan hasil perkebunan, dan usaha jasa perdagangan dan transportasi. Pengusaha kerajinan setempat tentunya akan ikut ambil bagian untuk mempromosikan produknya kepada pengunjung.

Tahun ini, Festival Legu Gam akan dimulai pada 13 April 2014 hingga 27 April 2014, dikutip dari Indonesia.Travel, Senin (7/4/2014). Rencananya acara dipusatkan di Lapangan Ngara Lamo,  Kelurahan Letter C, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara.

Saat mengunjungi Pulau Ternate untuk melihat Festival Legu Gam, jangan lupa juga melihat keindahan pulau ini. Ternate memliki banyak kekayaan alam dan budaya, seperti peninggalan benteng pertahanan Portugis dan Belanda, juga Danau Tolire yang penuh legenda. (ftr)

okezone

1 komentar:

caiss cubidubibuloaloa mengatakan...

Saya tertarik dengan informasi mengenai budaya diatas. Indonesia memang Negeri yang memiliki keanekaragaman budaya yang memiliki ciri khas dan keunikan masing-masing.Selain itu, tulisan diatas sangat menarik untuk dipelajari yang dapat menambah wawasan kita mengenai kebudayaan di lndonesia. Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Explore Indonesia yang bisa anda kunjungi di Explore Indonesia

Sejarah

[Sejarah][bsummary]

Makanan dan Pertanian

[Ekologi][twocolumns]