Keragaman

[Keragaman][bleft]

Sain dan Teknologi

[Sains & Teknologi][bsummary]

Ekologi

[Ekologi][twocolumns]

Kucing Penepuk Air yang Mulai Langka

Kucing bakau Jawa menggunakan cakarnya yang berselaput untuk menepuk permukaan air guna memancing ikan muncul. Selanjutnya, si kucing akan menangkap ikan untuk dimangsa.

Kucing Bakau jawa. Google
Pemandangan ini sudah tak terlihat di Jawa lebih dari dua dekade. Apakah ini jenis kucing paling langka di dunia? Bisa jadi, jika masih ada yang hidup, kata Anthony Giordano, ahli biologi konservasi dan pemimpin penelitian baru untuk mencari makhluk hidup langka.

Pada 2008, International Union for Conservation of Nature menyebut kucing bakau Jawa sebagai spesies yang terancam punah. Menandai bahwa kucing jenis ini hanya satu langkah lagi menuju kepunahan. Jejak terakhir kucing jenis ini terlihat di Indonesia awal tahun 1990-an.

Jejak kucing bakau jawa sangat khas. Bekas cakarnya tak sama dengan jenis kucing lain. "Jika Anda lihat, jejak cakarnya mengindikasikan mereka punya sistem semi-retractable ,"  kata Giordano.

Banyak sekali rumor beredar. Orang-orang banyak yang mengaku melihat kucing bakau Jawa, tapi ternyata yang dilihat adalah kucing leopard yang memiliki habitat dan jejak mirip.

"Sejak tahun 1990-an, banyak pembangunan di lahan basah dan bakau pesisir yang membuat habitat kucing bakau Jawa tergusur dan banyak kematian subspesies ini. Ancaman terbesar untuk kucing jenis ini adalah kehancuran habitat dan perburuan. Kini Jawa hanya memiliki 12 persen lahan bakau asli. Ini pertanda buruk untuk kucing bakau jawa,"  kata Giordano.

Giordano berharap kucing bakau Jawa tak punah dan akan menemukan dalam misi pencariannya. "Ini memang kucing kecil, tapi jangan anggap remeh. Mereka adalah kucing yang kuat dan sangat pandai beradaptasi," kata dia.

Girodano akan mewawancara penduduk lokal untuk menemukan petunjuk menemukan kucing bakau jawa. Ia mengatakan, tak ada yang tahu tentang kucing ini selain penduduk lokal. Daripada menggunakan camera trap , lebih baik mengumpulkan bukti untuk melacak keberadaan mereka, kata dia. NEWSCIENTIST | Tempo

1 komentar:

pak sudaryono mengatakan...

Assalamualaikum senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman-teman disini, Awal mula saya ikut pesugihan, Karena usaha saya bangkrut dan saya di lilit hutang hingga 900jt membuat saya nekat melakukan pesugihan, hingga suatu waktu saya diberitahukan teman saya yang pernah mengikuti penarikan uang ghaib dengan AKI SOLEHJAFFAR menceritakan sosok
AKI SOLEHJAFFAR, saya sudah mantap hati karena kesaksian teman saya, singkat cerita saya mengikuti saran dari pak.aki saya harus memilih penarikan dana ghaib 1 hari cair dengan tumbal hewan dan alhamdulillah keesokan harinya saya di telepon oleh pak aki bahwa ritualnya berhasil dana yang saya minta 3Milyar benar-benar masuk di rekening saya, sampai saat ini saya masih mimpi uang sebanyak itu bukan hanya melunaskan hutang ratusan juta bahkan mampu membangun ekonomi saya yang sebelumnya bangkrut, kini saya mempunyai usaha di jakarta dan surabaya yang lumayan besar, saya sangat bersykur kepada allah dan berterimakasih kepada pak.AKI SOLEHJAFFAR berkat beliau kini saya bangkit lagi dari keterpurukan. Jika ada teman-teman yang sedang mengalami kesulitan masalah ekonomi saya sarankan untuk menghubungi ki sholeh jaffardi 085377783331 agar di berikan arahan Atau  KLIK DISINI

























Sejarah

[Sejarah][bsummary]

Makanan dan Pertanian

[Ekologi][twocolumns]