Keragaman

[Keragaman][bleft]

Sain dan Teknologi

[Sains & Teknologi][bsummary]

Ekologi

[Ekologi][twocolumns]

Banjir siapa yang salah?

Kompat Online - Indonesia menjadi langganan banjir, longsor dan bencana lain tiap memasuki musim hujan. apa lagi tahun ini Indonesia dilanda Elnino yang perubahannya sangat signifikan. sehingga banyak terjadi gagal panen akibat prekdiksi cuaca.

Beberapa bulan terakhir berita banjir hampir mendominasi pemberitaan dan bahkan sudah menelang korban. aktifitas di beberapa daerah lumpuh akibat genangan yang terjadi mencapai hingga 5 meter. Menelisik kembali banjir yang terjadi sebetulnya sangat mudah menidentifikasinya penyebab terjadinya banjir, berikut adalah beberapa kriteria banjir yang terjadi ;

1. Bencana Alam
Banjir akibat bencana alam yang terjadi di sebuah daerah biasanya dibarenge dengan lonsorang dan luapan air dari ketinggian atau bisa juga akibat besarnya arus air yang membawa bahan material yang akibat lonsorang dari gunung. artinya ini akibat bencana alam.

2. Luapan
Banjir yang terjadi juga akibat luapan yang terjadi karena ketidak mampuan beberapa area seperti sungai atau waduk menampung air yang datang begitu besar. salah satu penyebabnya adalah area serapan air yang kurang, baik di daerah dekat sunga di hulu maupun di bagian hilir akibat aktifitas manusia yang kadang mebabi buta.

3. Genangan
Banjir yang diakibatkan oleh genangan ini banyak terjadi di kota besar seperti Jakarta, Makassar, Jawa timur, Banten dan lain-lain. hal ini merupakan dampak dari perkembangan penduduk dan perkembangan pembangunan yang mengakibatkan kurangnya RTH, daerah resapan air dan sedikitnya kawasan yang menampung air atau waduk.

Melihat kejadian dan venomena diatas maka kita sudah mampu untuk menggambarkan banjir yang terjadi di Indonesia. Selanjutnya kita pasti mulai bertanya-tanya kenapa banjir sering terjadi dan siapa yang akan kita salahkan?. dan apa yang harus kit rubah sehingga kita dapat mengurangi dampak dari banjir?. Menolak pembangunan tidak mungkin, menanam kembali dan membuat area resapan sudah di klaim beberapa orang yang punya kuasa.

Samapi 20 tahun kedepan apa bila tidak ada penangan serius maka semua kota akan tergenang oleh banjir dan akan kepanasan tiap kemarau, itulah kenyataan yang harus kita terima. terima kasih

Tidak ada komentar:

Sejarah

[Sejarah][bsummary]

Makanan dan Pertanian

[Ekologi][twocolumns]